METODOLOGI PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENDEKATAN MULTIKULTURAL
3.
THINK,
PAIR AND SHARE
A. Deskripsi
Metode Pembelajaran Think, Pair,and Share
(TPS) melatih siswa bagaimana mengutarakan sebuah pendapat dan belajar
menghargai pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada materi/tujuan
pembelajaran. Metode ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat
suatu informasi, siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling
menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas.
Selain itu, penggunaan metode pembelajaran Think,Pair, and Share (TPS) dapat
memperbaiki rasa percaya diri siswa karena semua siswa diberi kesempatan yang
sama untuk berpartisipasi dalam kelas.
B. Langkah-langkah
Langkah-langkah dalam metode pembelajaran
Think,Pair, and Share (TPS) adalah sebagai berikut:
1 * Langkah 1 : Berfikir (Thinking)
a. Guru mengajukan suatu pertanyaan atau permasalahan yang dikaitkan
dengan materi
b. Guru meminta siswa
menggunakan waktu beberapa menit untuk berfikir sendiri jawaban atas pertanyaan
atau masalah yang diberikan. ( 5’)
c. Siswa menuliskan jawabannya di kertas yang telah disediakan (2’)
2 * Langkah 2 : Berpasangan (Pairing)
a. Guru meminta siswa untuk berpasangan, maksimal 6 siswa per
kelompok
b. Siswa secara bergantian menyampaikan ide atau gagasannya atas
pertanyaan atau masalah (10’)
c. kelompok tersebut menyimpulkan gagasan baru dari hasil diskusi (
10’) dan dituliskan di kertas plano
berupa kata kunci yang dibatasi dan dengan gambar atau simbol
3 * Langkah 3 : Berbagi (Sharing)
a. kelompok Siswa mempresentasikan
hasil kesimpulan gagasan atau idenya di depan kelas, ( tiap kelompok 5’).
b. Kelompok lain memberikan tanggapan .
c. Guru memberikan penguatan dan motivasi sesuai content
C.
Kegunaan
2- Melatih siswa untuk menyampaikan pendapat
atau ide.
3- Melatih siswa untuk menghargai pendapat orang
lain
4- Meningkatkan rasa percaya diri siswa
5- Meningkatkan daya berpikir siswa untuk
memecahkan masalah
6- Meningkatkan keaktifan siswa untuk terlibat
dalam pembelajaran
D. Contoh
Metode ini dapat dipraktekkan pada seluruh
aspek pembelajaran PAI, yang meliputi al Quran, akidah, akhlak, fiqih, dan
tarikh.
Contoh : asbabun nuzul ayat, kejujuran,
hormat pada orang tua, indahnya beriman kepada Allah, Materi sholat, dll.
E. Kiat Sukses
1.
Guru harus
memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dan memotivasi seluruh siswa
untuk berani dalam
menyampaikan gagasan ide.
2.
Topik yang
dibahas adalah topik yang kontekstual yaitu permasalahan yang ada di sekitar
siswa.
3.
Reward bagi
siswa / kelompok yang aktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar